Senin, 18 April 2011

Es Puter Nangka

Sudah lama tidak makan es puter, jadi iseng-iseng cari resep di google search engine, dan ketemulah blog elkaje -Es Puter kelapa muda dan akhirnya menemukan resep es puter kelapa muda. Berhubung susah cari kelapa mudanya, jadi diganti dengan nangka.

Bahan-bahan:
2 Liter santan dari 1 kelapa ukuran kecil, biar gak terlalu kental.
1 buah kelapa muda, kerok dagingnya (*saya ganti dengan nangka)
250 gr gula pasir (* saya kurangi sedikit , agar tidak terlalu manis)
2 lembar daun pandan atau...beberapa tetes essense rose (*essence rose saya ganti dengan essence vanili)
1/4 sdt garam
pewarna pink (*saya ganti dengan warna kuning)
Petunjuk
1. Rebus santan, gula, garam dan daun pandan hingga mendidih 
    sambil diaduk terus.
2. Saring, dinginkan dalam suhu ruang. Beri warna pink.(*kuning)
3. Jika menggunakan essence, teteskan saat santan sudah dingin.
4. Campurkan kelapa muda yang sudah di kerok dan di potong2. 
    (*disini adalah nangka)
5. Masukkan dalam Frezzer, selama beberapa jam, hingga permukaan
    membeku, tetapi dalamnya belum jadi es.
6. Aduk dengan mixer atau spatula, hingga bagian yang membeku
    bercampur rata kembali.
7. Simpan kembali dalam Frezzer, lakukan step 5-6 beberap kali,
    hingga es puter siap di sajikan.

Sajikan bersama potongan roti tawar, atau sepotong hunkwee gurih manis. (* saya tambahkan pula sagu mutiara, berhubung disini tidak ada yang warna merah, jadi saya membeli yang warna hijau...serasa makan es tong-tong jaman SD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...