Jumat, 18 Februari 2011

Gado-Gado


Langsung aja ke bahan-bahan:
  • 10/12 batang kacang panjang
  • 10 biji buncis (*optional)
  • 4 helai kol / kubis
  • 2 butir wortel (*saya tidak pakai)
  • 1 buah bunga kol (*saya juga tidak memakai)
  • 2 buah taoge (*mungkin maksudnya segenggam taoge)
  • 2 buah mentimun
  • 1 ikat daun selada
  • 2 iris tempe dan tahu
  • 2 buah kentang
  • 2 butir telur ayam
  • 5 biji emping goreng
  • 2 biji kerupuk udang goreng
  • 3 siung bawang merah (di goreng)
Bahan saus kacang:
  • 2 ons kacang goreng
  • 7 biji cabe merah
  • 1 siung bawang putih
  • sedikit kencur
  • 1 sendok gula pasir (*saya memakai gula jawa)
  • 1 sendok cuka
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Lombok dibuang bijinya, beserta bawang putih, kacang tanah dan kencur dihaluskan lalu di gongso, kemudian letakkan dalam panci tambah sedikit air panas. (*versi saya tidak saya gongso)
  2. Panaskan lagi dan tambah gula, cuka dan garam setelah kental angkat.
  3. Sayur-sayur setelah rebus/kukus, tiriskan, lantas di potong-potong. Telur dan kentang direbus.
  4. Mentimun  dan selada tidak direbus, hanya potong-potong.
  5. Tahu dan tempe di goreng lantas di potong-potong
  6. Sajikan dalam piring dan tuangkan bumbu, jangan lupa kerupuk dan empingnya.
  7. Taburkan bawang merah goreng diatasnya.
Sumber: Masakan Daerah Populer - Ny. Suratin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...