Sabtu, 31 Desember 2011

Berbagai Macam Mie

1. Versi Indonesia

Siapa yang tidak kenal Mie Djowo (gak tau sich kalau di luar Semarang) yang dimasak di atas bara arang (areng) , yang ini versi gorengnya. Yang paling nikmat adalah satenya yang dibakar dengan arang.  Sedangkan photo dibawah adalah versi Godhoknya (read= rebus).


Dan untuk mie rebus ataupun mie goreng kita juga bisa meminta telur juga, hanya saja menurut saya kalau memakai telur rasa kuahnya jadi amis. Yang terkenal di Semarang adalah Bakmi Djowo "Gareng" di daerah Pecinan tetapi Bakmi Djowo Djunet pun tidak kalah rasanya.


Kalau yang satu ini adalah mie goreng versi Rumah Makan Chinese. Yang paling menggugah selera adalah kekian nya yang besar-besar.

2. Versi Singapura

 Kalau mie yang satu ini adalah Lor Mie. Kuahnya kecoklatan dan diatasnya dibubuhkan parutan bawang putih mentah. Sebenarnya makanan ini adalah salah satu makanan favorit saya di Singapore, tetapi pada waktu hamil, entah mengapa saya tidak pernah mengkonsumsinya ...melihatnya saya terasa "eneg", mungkin karena bawang putih parutan nya ya.


Yang ini sich saya beli di food court "Taiwanese Noddle". Rasa mie nya seperti mie karet di Indonesia.
Kalau yang satu ini adalah char kway tiauw (kwetiau goreng). Hampir di setiap Food Court dan Hawker Centre di Singapore ada makanan ini.



3. Malaysia
Untuk yang satu ini adalah mie hotplate yang dapat ditemukan di Food Centre di Malaysia.


Rasa mie nya juga mirip mie karet di Indonesia. Untuk pilihan sea-food isinya terdiri dari udang, cumi-cumi, crab-stick, scallop cake dan jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...