Senin, 02 Januari 2012

Rendang


Rendang yang satu ini berbeda rasanya dari rendang yang lain. Ada manis-manisnya karena ada gula jawa di dalam resepnya. Dan resep ini saya dapat dari inforesep, waktu itu saya mencari resep rendang paru. Sudah pernah dicoba sekali tetapi setelah melihat bagaimana paru mengembang besar pada saat di rebus, saya malah jadi tidak doyan paru yang saya buat. (lebih baik membeli paru yang sudah matang di warung makan). Tetapi bumbunya saya suka, sehingga akhirnya dicoba menggunakan sapi.

Bahan:
  • 600 gr paru, di rebus (saya ganti dengan daging sapi)
  • 100 gr hari sapi, direbus, di parut (saya tidak memakai)
  • 1500 ml santan dari 2 1/2 butir kelapa (saya gunakan santan instant yang ukuran kecil)
  • 2 batang serai, diambil putihnya, memarkan
  • 2 lembar daun kunyit (saya tidak pakai - karena kesulitan mencari)
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulang nya, disobek-sobek
  • 2 lembar daun salam (saya tidak memakai karena paru diganti dengan daging)
  • 3 buah asam kandis (di Spore supermarket dijual bungkusan Tamarind, saya gunakan 3 biji asam dengan cara di rendam dalam air, peras asamnya, ambil airnya saja)
Bahan bumbu halus:
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabe merah besar
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 6 cm lengkuas
  • 2 cm jahe (saya tidak memakai karena paru saya ganti dengan daging sapi)
  • 3 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula merah (*gula jawa)
Cara membuat:
  1. Rebus paru dalam 1000 ml air, 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe sampai matang. Angkat. Potong 4x4x2 cm (* versi saya dengan panci presto/pressure cooker saya masak daging sapi terlebih dahulu dengan diberi garam)
  2. Rebus santan, bumbu halus, serai, daun kunyit, daun jeruk dan asam kandis sampai mendidih (*versi saya santan saya masukkan bersamaan dengan daging sapi dan air kaldunya plus bumbu2--apabila kaldu terlalu kental, sebaiknya ganti dengan air baru saja)
  3. Masukkan paru. Kecilkan api. Masak sampai matang dan setengah kering. Tambahkan hati sapi. Masak sambil diaduk sampai kering
Source: inforesep.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...