Selasa, 21 Desember 2010

Sayur Nangka Muda (Gori)


Sayur nangka muda sering disebut "jangan gori" di Semarang. Biasa dibuat sebagai bahan dasar gudeg.

Bahan:
  • 1/4 kg daging tetelan (saya membeli dagingnya lalu di iris kecil-kecil)
  • 1 biji nangka muda
  • 2 potong tempe bosok (saya tidak memakai)
Bumbu: (dihaluskan kecuali daun salam dan lengkuas)
  • 5 biji bawang merah
  • 5 biji cabe merah (saya tidak memakai)
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 biji kelapa untuk santan
  • terasi (saya tidak memakai)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 potong lengkuas
  • 1/2 sendok teh jintan (saya tidak memakai)
  • 5 butir kemiri
  • garam
Cara memasaknya:
  1. Nangka dikupas dibelah menjadi 4 bagian, hatinya dibuang dipotong kecil-kecil lalu di cuci, direndam agar tidak hitam (*disini sudah potongan ..jadi praktis...menurut penjualnya waktu memotong pisau ditaburi garam supaya tidak hitam)
  2. Kemudian di rebus sampai empuk
  3. Daging di potong-potong lalu rebus tersediri sampai empuk
  4. Daging dan nangka direbus campur, tuangkan santan dan masukkan semua bumbu serta temep bosok yang sudah diulek halus, lalu masukkan daun salam, laos, dimasak sampai kering (disini saya masih dengan kuah santan)
Sumber: Resep Masakan dan PKK Ny. Wulandari-CV Aneka Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...