Rabu, 31 Maret 2010

Bolu Kukus (Steamed Cake)


Akhirnya buat bolu kukus dan bisa mengembang pula. Ternyata kuncinya adalah tidak boleh mengintip pada waktu bolu sedang di kukus. Selama ini selalu mengintip karena penasaran apakah jadi atau tidak. Dan baca dari beberapa resep ada yang bilang bahwa "20 menit pertama tidak boleh membuka tutup panci/dandang". Tetapi saya sendiri karena takut gagal maka selama 45 menit tidak berani mengintip sama sekali. Jadi air untuk mengukus pun saya beri sebanyak-banyaknya agar tidak kekurangan di tengah jalan.

For the first time, I can finally make "steamed cake".  Previously I was always failed. The secret is that "we can not open the lid for at least 20 minute". But for me, I try not to peep/open the lid for about 45 minute. So that the cake/dough will expand.

Bahan:

  • 150 gr tepung terigu (di ayak)

  • 100 gr gula pasir

  • 1 butir telur

  • 1/2 sdt baking powder

  • 80 ml minuman bersoda

  • pewarna kue (merah, hijau dan kuning)

  • pasta coklat (untuk bolu rasa coklat
Ingredients:

  • 150 gr plain flour (shieved)

  • 100 gr sugar

  • 1 eggs

  • 1/2 tsp baking powder

  • 80 ml soda drink

Cara membuat:

  1. Siapkan dandang yang nantinya akan digunakan untuk mengukus. Panaskan dengan api kecil terlebih dahulu agar pelan-pelan mendidih.

  2. Dalam mangkuk besar,  campur gula dan telur lalu kocok dengan mixer menggunakan kecepatan yang tinggi selama 5 menit.

  3. Kurangi kecepatan lalu tambahkan air soda baru kemudian tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus di aduk (sesudah tepung masuk, tambahkan kecepatan). Juga tambahkan baking powder.

  4. Setelah adonan rata, ambil beberapa mangkuk dan tuangkan 1/2 sendok sayur ke dalam mangkuk dan beri warna sedikit saja sesuai selera. (kuning, hijau, merah dan coklat pasta). Adonan putih dibiarkan dalam mangkuk besar (jumlahnya harus lebih banyak dari adonan warna warni atau adonan coklat).

  5. Ambil cetakan bolu kukus (cetakan dengan lubang-lubang) dan lapisi dengan kertas kue kemudian tuangkan adonan putih terlebih dahulu baru kemudian adonan warna.

  6. Setelah bahan habis, segera masukkan cetakan-cetakan tadi ke dalam dandang dan kukus selama 45 menit.

Directions:

  1. In the mean time, prepare a steamer and heat over a low heat in order to get it boiled slowly.

  2. In a large bowl, combine sugar and eggs and beat using a mixer over a high speed for 5 minutes.

  3. Reduce the mixer speed then add in soft drink. Then slowly add in flour & baking powder while continue in stirring.

  4. To make color, take some part of dough and mix with color that we want. (roughly about 1/2 lado of dough for each color so that we still have more of white color dough)

  5. Mean while, get ready with "steamed cake mold (the one with hole as shown on picture)" and put in "cup cake" inside the mold.

  6. Pour one part of white dough then pour 1/4 part of each color.
  7. Put all in the steamer and steam for about 45 minute (and remember try not to open the lid)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...